ENGLITT [Easy English With Alitt]

Mungkin ini adalah sebuah "jawaban" dari gue, kenapa gue kuliah di jurusan bahasa Inggris, tapi gue nggak berminat jadi guru bahasa Inggris. Yup, gue nggak mau jadi guru yang berseragam, alias "Pahlawan tanpa tanda jasa". Gue cukup puas jadi teman yang ngasih pelajaran, alias "Pahlawan tanpa tanda toga". :p


Yup, sebuah project web series yang mulai hari ini gue rilis (dan insyaallah terbit setiap minggu atau 2 mingguan at maximum) ini adalah project "balas dendam" gue sama sebuah benda terkutuk bernama Skripsi! Bertahun-tahun gue berjuang untuk mengalahkan Skripsi, tapi yang gue dapet cuma revisi, revisi dan revisi. Bukan.. Bukannya gue nyerah untuk ngalahin Skripsi, tapi gue lagi nyari cara lain yang lebih asik buat "ngalahin" skripsi.
Terakhir revisi gue ditolak dosen, gue duduk dan merenung di jamban. Gue mikir, bagian mana dari skripsi gue yang nggak bisa diterima? Dosen sempet bilang ke gue, "Metode pengajaran bahasa inggris via blog itu masih sangat jarang.. Kamu bakal repot nyari teori-teori pendukungnya.."

Mungkin, kalimat itu bakal bikin sebagian mahasiswa yang udah kebelet wisuda nyerah dan buru-buru nyari judul lain. Tapi hal itu nggak berlaku di gue! Gue tetep maju, gak peduli tuh metode diterima atau nggak di skripsi gue, gue bakal nyoba langsung praktekin metodenya kepada temen-temen pembaca setia blog gue. Kenapa? Karena gue yakin, ini bermanfaat buat orang lain, meskipun nggak banyak ngebantu skripsi gue sendiri. Yup, gue emang tipikal manusia yang agak susah buat selalu mematuhi teori dalam dunia pendidikan. Karena menurut gue, teori tanpa praktek, bakal tetep jadi teori basi tanpa arti.

Dulu, gue sempet bikin BLOG ENGLISH AREA yang gue jadiin media buat ngajak temen-temen belajar bahasa inggris. Alhamdulillah, blog yang itu dapet sambutan yang antusias juga. Tapi, setelah gue pikir-pikir, semakin ke belakang, dengan rumitnya tenses dan grammar, gue mikir buat nggak nyampein itu semua dengan tulisan lagi. Kenapa? Karena kalo gue sampein dalam bentuk tulisan, tulisannya bakal panjang banget. Kekhawatiran gue adalah, pembaca yang awalnya niat belajar, endingnya malah kecapekan baca terus ngantuk.

So, tercetuslah ide buat nyampein materi-materi pembelajaran bahasa inggris ini menggunakan media lain, yaitu video. Materi belajar bahasa inggris yang kalo ditulis bisa jadi 20 paragraf, kalo disampein dengan video, kemungkinan cuma ngabisin durasi 5 menit doang. Dengan menggunakan video, tentunya temen-temen yang mau belajar juga nggak bakal ngantuk karena kecapekan baca. Di video ini, gue juga masukin beberapa unsur komedi biar proses belajarnya nggak ngebosenin. Selain itu, video ini juga tematis. Setiap minggu kita bakal pake tema yang berbeda. Misal episode 1, tema-nya anak basket. Episode 2, tema-nya anak gank motor. Dan seterusnya.. So, insyaallah gak bakal ngebosenin kayak ngajar di kelas.

Video-video ENGLITT gue bikin secara serius dengan beberapa sahabat gue yang berbakat. Di antaranya ada @NoveroSabatanus sebagai editor yang ngurusin visual effect dan editing videonya, terus ada juga @Winnindrawijaya yang ngurusin kamera. Dua-duanya ini bukan bocah yang kuliah di jurusan perfilman loh! Tapi mereka ngelakuin ini karena PASSION! Keren! Terus, niat baik gue ini tentunya juga gak bakal terlaksana tanpa bantuan dari temen-temen di EUFORIA AUDIO VISUAL: Bang @ErixSoekamti vokalis tambun dari band Endank Soekamti selalu ngasih masukan-masukan nyeleneh untuk pengembangan video ini. Doi juga ngebantuin kita kalo ada masalah di bagian editing video. JOSS! Ada juga talent-talent gila dari temen-temen di EUFORIA Records: @IsaMahendraJati @PunkBathoro @Hellenak @Ahonk_Soekamti @Ouldee. Gue di sini lagi belajar juga jadi sutradara, produser, penulis naskah dan host. Waaa.. Ilmu gue nambah banyak banget berkat project ini!! :)))

Nah, daripada gue ngoceh ngalor ngidul, mending kalian langsung pantengin episode pertama dari ENGLITT ini. Sengaja gue bahas dari materi yang paling basic, karena gue pengen ngajak temen-temen yang sama sekali belum ngerti bahasa inggris biar bisa ngerti yang gue omongin. Buat temen-temen yang udah jago, mungkin apa yang gue sampein tadi adalah teori-teori yang udah ada di luar kepala ya. Tolong bantu koreksiin gue kalo ada penyampaian yang kurang tepat. :D



Jangan ngatain gue ngondek karena tangan gue selalu nempel di badan ya.. Itu karena greenscreen-nya kecil, jadi gue gak boleh banyak-banyak gerak.. :(

Ini LINK YOUTUBE-nya kalo video di atas gak jalan.

Kalo temen-temen mau ngasih masukan, komentar, saran, atau ada pertanyaan yang muncul karena materi yang gue sampein di video kurang begitu jelas buat kalian, silakan mention aja ke @ENGLITT di twitter ya.. Insyaallah bakal kita bantu sampe jelas! :D

Oke.. Pesen gue sih, ENGLITT ini milik kita bersama, bukan milik gue sendiri. Gue nggak mau menggurui di sini, tapi gue mau ngajak kalian belajar bareng. Gue mohon kalian juga ikut "mengelola"nya. Kalo kalian berminat buat ngebantu gue jadi talent di video, BOLEH! Kalo kalian berminat buat ngebantu bikin materi untuk videonya, BOLEH! Kalo kalian berminat buat ngebayarin SPP gue, BOLEH BANGET! Biar usaha kita buat belajar bersama ini jadi semakin sempurna.

Please click SUBSCRIBE on my Youtube channel to be the first person who watch the newest episodes later on.

Thank you!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ENGLITT [Easy English With Alitt]"

Post a Comment