You Are What You Eat, Drink, and Do

Supri adalah seorang miliarder yang bisa membeli benda semahal apapun. Gaya hidupnya sangat mewah. Bahkan, dia terbiasa boker di Malaysia, terus ceboknya di Singapura. Iya.. karena tajirnya dia, dia sampe punya Private Jet khusus buat nganter dia boker di seluruh penjuru dunia. Hampir semua benua di dunia udah dibokerin sama si Supri.

Di usia muda, Supri memang seorang pekerja keras. Dia merintis bisnis jamban goyang sejak dia menginjak kelas 2 SMP. Kebetulan, jamban goyang buatan Supri sangat diminati oleh orang-orang yang suka ketiduran di toilet, orang-orang yang suka ngegame di toilet, atau orang-orang yang suka pacaran di toilet. Dari hari ke hari, omzet Supri pun membesar. Dia punya duit bermiliar-miliar.

Kesuksesan Supri di bidang bisnis, diikuti dengan kesuksesan dia di bidang jodoh. Supri dapet istri yang cantik luar biasa. Rambutnya pirang, kulitnya kuning langsat, dan kakinya 2. Terus, di usia seminggu pernikahannya, Supri dan istrinya dikaruniai 2 anak kembar cowok dan cewek. Hidup Supri benar-benar sempurna.

Tapi sayang, di usianya yang masih belia, Supri terserang penyakit yang ganas. Karena Supri jarang minum air putih, Supri sering terkena sembelit dan ambeien. Karena hal itulah, Supri tak bisa menikmati produknya sendiri, Jamban Goyang. Berkat penyakit ambeiennya, Supri terpaksa boker sambil kayang, agar tidak kesakitan saat buang hajat. Sayangnya, dokter mana pun sudah tak bisa menyembuhkan Supri lagi. Penyakitnya sudah sangat kronis karena Supri tak pernah menyadari pentingnya kesehatan tubuh sejak dulu. Ironis memang, di saat banyak hal bisa Supri beli, Supri tak bisa menikmati hidupnya sendiri. Di saat Supri dikelilingi oleh orang-orang yang dia cinta, dia tak bisa merasa bahagia. Yang bisa Supri lakukan saat ini hanyalah menghitung hari dan menunggu mati.
Yap, gue harap sekelumit cerita di atas bisa bikin kalian nyadar betapa pentingnya kesehatan. Punya duit, punya pasangan, tapi tak punya kesehatan, bikin hidup terasa tertekan. Sayangnya, berharganya kesehatan itu biasanya baru keliatan kalo manusianya udah kesakitan.

Oke, masih dalam topik yang mirip seperti postingan gue yang terakhir, gue mau ngomongin soal masa depan, tapi dari konteks yang sedikit berbeda. Seperti yang pernah gue jelasin kemarin, betapa pentingnya mempersiapkan masa depan. Nah, kalo kemarin kita ngomongin tentang mempersiapkan masa depan dari segi finansial, sekarang gue mau ngajakin kalian untuk mempersiapkan masa depan dari segi kesehatan diri.

Maksudnya gimana sih Litt?!

Oke, coba bayangin, kalo misal kalian udah nyiapin segala kebutuhan finansial di masa depan sesuai dengan cara-cara yang kemarin gue share di blog ini. Tentunya kalian mikir, bakal adem-ayem menikmati hari tua kan ya. Tapi, bayangin kalo kondisinya sedikit berbeda deh. Kalian punya duit, punya orang-orang yang sayang, tapi nggak punya kesehatan. That�s so sad. Kenapa? Karena segala indahnya fasilitas dunia bakal hambar rasanya tanpa kesehatan. Punya duit, mau makan makanan lezat, tapi nggak boleh dokter. Punya duit, mau jalan-jalan, tapi nggak boleh kecapekan. Punya duit, mau beli pacar tapi nggak boleh sama om satpol PP. Ya, di titik itu, duit kayak nggak ada gunanya lagi.

Gue jadi inget, hampir setahun yang lalu, badan gue tuh kayak korban santet yang perutnya dimasukin bola basket. Dan hampir tiap hari gue terpaksa nyisihin waktu minimal 2 jam buat koprol-koprol menikmati sakitnya lambung bocor karena maag. Hal itu terjadi karena setiap kali waktunya makan, gue malah asik ngerjain hal lain yang lebih menyenangkan dan mengalihkan rasa lapar gue. Endingnya, gue kena maag akut. Beberapa kali gue pas manggung, kudu ngadepin ratusan orang yang antusias melihat kegantengan gue, gue kudu berusaha bikin mereka ketawa, sedangkan gue sendiri kudu nahan lambung meronta-ronta. Itu hari yang sangat berat. Dari kejadian itu, akhirnya gue kepikiran, apa iya gue bakal hidup gini terus? Apa iya gue bakal bisa bertahan hidup lama kalo gaya hidup gue gini terus? Apa gue rela kelak meninggal di usia muda dan ninggalin anak-anak gue kelak yang masih butuh seorang figur papa?

Endingnya, gue komit buat memulai hidup sehat dengan cara berolah-raga. Minimal sehari gue sisihin 1 jam buat berolah-raga ringan seperti main tenis, main basket, main bola, main skateboard di PlayStation. Ya, dan ternyata itu efektif meskipun cukup berat untuk mengawalinya. Dalam 2 bulan pertama gue rutin fitness, keadaan perut gue yang mirip orang busung lapar, mulai keliatan rata.



Kiri: Om-om hamil muda. Kanan: Channing Tatum.

Terus, saat gue udah mulai rutin olah raga, gue selalu ngerasa lemas banget kalo misal lagi laper. Padahal, biasanya gue hobby banget menunda makan gue karena keasyikan ngelakuin hal lain. Akhirnya setiap gue laper, gue kudu secepatnya makan biar gue bisa ngelanjutin aktivitas gue. Itulah kenapa, sakit maag gue berangsur-angsur menghilang, dan gue nggak perlu nahan nafas setiap kali mau difoto biar nggak keliatan buncit.


6 Bulan kemudian, gue jadi Taylor Lautner.

Anehnya, sejak gue rutin olah raga, setiap gue haus, gue harus minum air mineral semacam Aqua gitu. Kalo misal pas haus gue minumnya sirup, atau soft-drink, ntah kenapa haus gue nggak hilang-hilang. Pokoknya, kudu minum air putih kayak Aqua gitu deh. Selain itu, gue jadi gampang buat tidur cepat, tanpa pernah mengalami insomnia lagi. Emang bener kok, saat kita mampu merawat tubuh dengan baik, tubuh kita juga bakal jadi �komunikatif� sama diri kita. Tubuh kita bakal nunjukin apa yang benar-benar dia butuhkan. Mungkin yang belum pernah mencoba, bakal nggak percaya. Tapi gue harap kalian bukanlah tipe manusia yang suka meremehkan sesuatu yang belum pernah kalian lakukan. Dengan keadaan tubuh kayak gini, sekarang gue lebih tenang buat beraktivitas dan melanjutkan hidup.

Nah, dari pengalaman gue di atas, intinya gue mau ngajakin temen-temen untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Mulai makan, minum dan melakukan hal-hal yang baik untuk tubuh. Karena you are what you eat, drink, and do. Kalo kamu sukanya makan buah-buahan, ya tubuh kamu bakal segar kayak buah-buahan. Kalo kamu suka minum air putih, ya tubuh kamu bakal bening kayak air putih. Kalo kamu suka olah raga, ya tubuh kamu bakal sekuat ototmu itu buat menangkal penyakit. Dan berlaku kebalikannya. Why? Because it�s in me, which builds me. Coba liat dan baca fakta di gambar ini deh:


Sekarang udah paham kan, pentingnya memilih-milih apa yang harus dikonsumsi?

Oiyah, buat tambahan biar kalian terinspirasi untuk memulai hidup sehat, coba deh liat videonya bang Ringo Agus Rahman yang berperan sebagai Toni Soehari ini. Videonya ada banyak serinya, intinya selama sebulan, Toni bakal ngajakin kita buat bergaya hidup sehat bersama Aqua dengan gaya yang kocak ala Ringo Agus gitu deh. Penasaran?! Cekidot!


Kalo mau liat di Youtube-nya langsung, silakan klik-> YOUTUBE

Silakan dicek untuk seri-seri berikutnya dari video di atas ya! Gue jamin kalian bakal demen sama cara si Toni Soehari buat ngajakin kita buat jadi orang yang sehat. Iya, penting banget dari sekarang untuk kita mulai gaya hidup sehat agar kelak kita bisa melihat anak kita tumbuh dewasa, bisa nemenin pasangan kita sampai tua, dan bisa macarin temen dari cucu kita. Mau kan?! :p

Yup, this is the end of the post. Kalo kalian punya cerita menarik mengenai gaya hidup sehat, boleh loh di-share di comment box. Siapa tau nanti temen-temen yang masih cuek sama kesehatannya sendiri, bisa terinspirasi. ?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "You Are What You Eat, Drink, and Do"

Post a Comment